Selasa, 31 Oktober 2023

 


    Perlu diketahui, komputer terdiri dari beberapa komponen atau bagian. Komponen komputer setidaknya terbagi menjadi empat jenis, yaitu perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage. Tiap komponen itu punya fungsi yang berbeda, tetapi saling berhubungan dalam alur kerja komputer. Secara umum, komputer memiliki alur kerja berupa menerima instruksi, perintah, atau data dari pengguna. Kemudian, memprosesnya dan menyajikan kembali hasil pemrosesan itu dengan bentuk yang dipahami pengguna. Dalam alur kerja itu, input device punya wilayah operasi yang lekat dengan pengguna. Input device adalah komponen yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan perintah atau data pada komputer. 

    Perangkat input bertugas untuk mengambil perintah, data, atau instruksi dari pengguna, lalu mengubahnya menjadi bahasa biner yang bisa dipahami oleh perangkat pemrosesan atau processing device. Ada banyak macam perangkat input yang berguna untuk mengambil berbagai bentuk perintah pengguna. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar macam-macam perangkat input pada komputer.

1. Mouse

Mouse berfungsi untuk mengendalikan kursor pada layar komputer. Pengguna dapat mengeklik, menggerakkan kursor, dan melakukan fungsi navigasi lainnya di layar komputer melalui mouse.








2. Keyboard'

Keyboard adalah perangkat input yang terdiri dari beberapa tombol. Keyboard memiliki fungsi untuk memasukkan data ke komputer berupa teks, angka, simbol, dan perintah khusus, melalui tombol-tombol yang tersedia.






3. Webcam Webcam merupakan perangkat input yang berfungsi untuk mengambil data berupa video atau gambar ke komputer. Webcam biasanya dipakai di komputer untuk mengambil foto, merekam video, atau melakukan interaksi dengan panggilan video secara online.









4. Scanner 

Scanner memiliki fungsi untuk mengonversi dokumen cetak menjadi data digital yang dapat dibaca oleh komputer. Scanner biasanya dipakai untuk memindai surat atau gambar fisik dan menjadikannya dokumen digital di komputer.








5. Mikrofon

Mikrofon merupakan perangkat input yang berfungsi untuk mengambil data berupa suara ke komputer. Mikrofon biasanya dipakai untuk merekam suara di komputer. Mikrofon juga kerap dipakai sebagai sarana berkomunikasi lewat panggilan telepon online di komputer.



 





Input data: Perangkat input memiliki fungsi utama untuk memasukkan berbagai jenis data ke komputer, seperti data teks, data gambar, atau data suara. Navigasi: Fungsi perangkat input yang berikutnya adalah navigasi. Lewat perangkat input, pengguna dapat menggerakan komputer seperti memilih menu dan memindah kursor. Berkomunikasi: Perangkat input dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan memasukkan suara pengguna ke komputer dan diteruskan ke pengguna lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam perangkat input komputer dan fungsinya. Dari pemaparan di atas, dapat diketahui perangkat input dapat digunakan untuk memasukkan berbagai data ke komputer, seperti suara, gambar, teks, dan gerakan




Refrensi.
https://youtu.be/WdXM0pxbp0k?si=dOXzhcbocRgzjgyK
https://tekno.kompas.com/read/2023/09/02/12330067/macam-macam-perangkat-input-komputer-dan-fungsinya-yang-perlu-diketahui?page=all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kreativitas dan Keterlibatan Dai dalam Menyebarkan Pesan Dakwah dalam Penggunaan Media Baru Pada era digital ini, kreativitas dan keterlibat...